Blogger Indonesia

Recommended Post Slide Out For Blogger

Jumat, 08 Februari 2013

Direktur Pendidikan Tinggi: Harapannya, Uang Kuliah Tak Akan Naik

JAKARTA, — Meski uang pangkal untuk perkuliahan di perguruan tinggi negeri (PTN) ditiadakan, uang kuliah per semester tetap wajib ditanggung oleh para mahasiswa. Namun, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Djoko Santoso mengharapkan PTN tidak akan menaikkan lagi uang kuliah per semester.

Kenaikan besaran uang kuliah, lanjutnya, biasanya terjadi akibat kondisi sosial ekonomi di daerah masing-masing, seperti inflasi dan kenaikan upah minimum provinsi (UMP).

“Uang kuliah tidak akan naik lagi harapannya. Biasanya PTN menaikkan biaya kuliah karena ada inflasi atau UMP naik,” kata Djoko di Gedung D Dikti, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Untuk mengantisipasi PTN menaikkan uang kuliah secara signifikan, pihaknya telah membuat tim untuk menentukan harga satuan berdasarkan program studi, wilayah PTN, dan karakteristiknya. Ditargetkan susunan daftar harga satuan ini akan segera selesai akhir Februari ini dan dapat disebarluaskan kepada publik.

“Februari ini nanti akan selesai unit cost atau harga satuan per prodi, per wilayah, dan karakteristik lainnya,” jelas Djoko.

“Nah uang kuliah ini tidak boleh melebihi unit cost. Kalau sampai melebihi unit cost nanti akan diusut kenapa bisa begitu,” imbuh Djoko.

Salah satu langkah agar uang kuliah ini juga tidak memberatkan mahasiswa maka muncul Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mulai diterapkan pada tahun akademik 2013/2014 mendatang. UKT ini hanya dibayarkan sekali per semester dan mahasiswa tidak akan lagi ditarik biaya di luar itu.

“UKT ini hanya dibayarkan sekali saja per semester. Jadi, kalau mau praktikum atau wisuda ini tidak akan tambah lagi,” tandasnya.

Sumber:dikti.go.id

1 komentar:

LCc 03 mengatakan...

air max
adidas ultra
cheap jordans
air jordan
yeezys
kobe 9
michael kors outlet online
true religion outlet
nike air zoom
cheap jordans

Posting Komentar